Apa Itu Jaringan Broadcast Dan Jaringan Point-to-Point?

Jaringan Komputer

   Jaringan Komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.
  Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk mencapai tujuan, dengan cara meminta atau memberikan layanan (service).

Berdasarkan teknologi transmisi, jaringan komputer dibedakan menjadi dua, yaitu Jaringan Broadcast dan Jaringan Point-to-Point.

Apa itu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point?

>Jaringan Broadcast



merupakan jaringan yang menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan oleh semua komputer secara bersamaan dan terhubung pada jaringan tersebut.
Contoh :
Penerapan broadcast dalam kehidupan sehari-hari yaitu Stasiun Radio.
Stasiun radio berperan sebagai pengirim informasi.Dalam komunikasi simplex,data yang dikirimkan mengalir dalam satu arah,dimana informasi dikirimkan melalui gslombang sinyal yang berasal dari menara siaran radio.

>Jaringan Point-to-Point



merupakan jaringan data yang biasa digunakan untuk membangun koneksi langsung antara dua node jaringan.Transmisi point+to-point dengan  satu pengirim dan satu penerima disebut unicasting.

Jaringan point-to-point terdiri atas beberapa komputer dan mesin.Dalam hal ini,pesan singkat dari sumber ke tujuan disebut "paket". Dalam mengirim paket dari mesin sumber ke suatu tujuan,paket jenis ini seringkali harus melalui satu atau lebih mesin perantara sebelum kembali ke tempat tujuan,oleh karena itu menemukan rute yang baik sangat dibutuhkan dalam jaringan point-to-point.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar

Masa SMP Masa Paling Indah