Fasilitas Pada Internet dan Dampaknya

Setelah anda mengenal apa itu internet dan seluk beluknya,maka pada blog kali ini kita akan mempelajari berbagai fasilitas yang disediakan oleh internet serta pentingnya internet.

A.)  Fasilitas Yang Tersedia Di Internet
 
  Ada apa gerangan yang ditawarkan internet?Adakah internet memberikan kemudahan bagi manusia?Kalau yaa,apa saja fasilitas yang tersedia di internet?Ada banyak fasilitas dan layanan yang disediakan oleh internet,mulai dari penelusuran informasi,komunikasi,kerja sama,layanan web,dll.

Secara umum internet memiliki manfaat sebagai berikut :
1.) Berbagai Perangkat Keras
      Perangkat keras semacam hard disk,printer,CD-ROM drive dan bahkan modem digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali.

2.) Berbagai Program dan Data
      Program atau data dapat disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server(melayani komputer-komputer yang membutuhkan informasi,baik program atau data).

3.) Mendukung Kecepatan Berkomunikasi
      Dengan adanya jaringan komunikasi informasi dapat dilakukan lebih cepat,para pemakai komputer dapat bertukar atau mengirim informasi dengan mudah dan bahkan dapat mengirim tulisan secara langsung(chatting) ataupun teleconference.

4.) Memudahkan Pengaksesan Informasi
      Dengan jaringan komputer memudahkan dalam mengaksesmengakses program,data atau informasi yang ada pada server.

Adapun jenis-jenis layanan yang disediakan internet sebagai berikut :

1.) Web
      Fasilitas web atau WWW adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks,gambar,bunyi,animasi,dan data multimedia lainnya yang berhubungan satu sama lain.
      Untuk menemukan setiap hubungan Hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL).

2.) E-Mail (Electronic Mail)
      Fasilitas ini merupakan sarara yang memberikan kemudahan bagi seseorang untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik(e-mail)

3.) Newsgroup atau User's Network (UseNet)
      Fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel,berita,tanggapan,surat,penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang bergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu.

4.) File Transfer Protocol (FTP)
      Fasilitas ini digunakan untuk menggabungkan ke server komputer tertentu dan bila perlu menyalin file yang dibutuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer.

5.) Tele Networking (TelNet)
       TelNet adalah program yang memungkinkan komputer menjadi terminal dari komputer lain di internetinternet dan memungkinkan jarak jauh.

6.) Internet Relay Chat (IRC)
      IRC adalah fasilitas yang digunakan untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard.

7.) Internet Phone/Conference
      Fasilitas ini digunakan untuk melakukan jarak jauh via internet.Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dengan dukungan hardware multimedia.

8.) WAIS Server
      WAIS menyediakan cara untuk menemukan informasi yang tersebar dalam internet.WAIS mampu mengakses segala database yang besar(seperti dokumen,file berisi gambar,video,dan suara).

9.) Gopher
      Gopher adalah fasilitas yang digunakan untuk menuju ke informasi atau data yang dituju,seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan.

10.) Mailing List
        Dengan menggunakan fasilitas iniini,sebuah berita/file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus.

11.) Word Wide Web 
        Web ini merupakan bagian layanan dari internet yang merujuk pada layanan multimedia suatu internet.

B.) Dampak Internet Bagi Masyarakat

>Dalam dunia bisnis dan industri,internet digunakan untuk berbagai keperluan seperti pemasaran dan promosi,tender global,hubungan bisnis,pelatihan,dll.

>Di bidang pemerintahan dan politik,internet digunakan untuk menyebarluaskan informasi dan program-program pemerintah.

>Di dunia pendidikan dan penelitian,internet dijadikan sarana untuk memublikasikan hasil-hasil penelitian dan berbagai karya akademis yang telah dihasilkan.


Nahh,itu merupakan berbagai fasilitas dan dampak pada internet.

~Terima Kasih~
         




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Jaringan Broadcast Dan Jaringan Point-to-Point?

Belajar

Masa SMP Masa Paling Indah