Komponen Kamera Digital

Di blog kali ini kita akan mempelajari tentang komponen apa saja yang terdapat dalam kamera digital?

Dalam komponen kamera digital dibedakan menjadi 6 yaitu Lensa,Perangkat Pembidik,Pembidik Optik Pararel,Pembidik LCD (Liquid Crystal Display),Pembidik Optik TTL (Thru The Lens),dan Media Penyimpan Data.



1.) Lensa
      Adalah media penyaring pertama saat memidai gambar untuk disimpan.

Lensa Kamera Digital
a.) Lensa Standar
      Adalah lensa yang menjadi komponen standar kamera,ukurannya 50mm,karakter lensa ini memberikan bidikan natural,cocok untuk jarak sedang.
b.) Lensa Sudut Lebar (wide angle lens)
      Adalah lensa yang digunakan untuj menangkap objek yang luas dalam medan bidik yang terbatas. Ukuran lensa 17mm,24mm,28mm,dan 35mm. Karakter lensa ini membuat objek lebih kecil daripada ukuran sebenarnya.
c.) Lensa Tele
     Adalah lensa yang berfungsi untuk mendekatkan objek namun mempersempit sudut pandang,ukuran lensa 70mm ke atas atau berfungsi untuk melakukan cropping (menghilangkan/menambah) dan memfokuskan diri pada objek tertentu dan mengaburkan objek sekitarnya.
d.) Lensa Zoom
      Adalah gabungan dari tiga jenis lensa,yaitu lensa standar,lensa sudut lebar,dan lensa tele.Ukuran lensa ini bersifat range (jarak) lensa tertentu,misalnya 80-200mm.
e.) Lensa Makro
      Digunakan untuk membidik objek kecil. Pada kamera digital pembesaran skala makro dilakukan secara digital dan tidak secara optik.

  Semua jenis lensa mempunyai karakteristik yang sama,semakin kecil ukuran lensa,semakin lebar sudut yang dijangkau kamera.

2.) Perangkat Pembidik
      Adalah jendela kecil untuk melihat komposisi gambar yang akan dipotret.Hal yang terpenting dalam perangkat pembidik yaitu akurasi.

3.) Pembidik Optik Pararel
      Lensa diletakkan pararel dengan lensa pemindai gambar. Penempatan ini mengakibatkan lensa mempunyai tingkat akurasi rendah,sebab kedua lensa tidak saling berhubungan.

4.) Pembidik LCD (Liquid Crystal Display)
     Berupa layar monitor kecil,terletak dibelakang kamera digital dan memiliki tingkat akurasi lebih baik dibandingkan pembidik optik,sebab gambar yang tampil direfleksikan dari lensa kamera.

5.) Pembidik Optik TTL (Thru The Lens)
      Adalah pembidik yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi karena pembidik tipe ini mengambil gambar langsung dari lensa kamera menggunakan prisma pemantul objekobjek dan hanya dimiliki oleh kamer SLR.

6.) Media Penyimpan Data
      Media penyimpan data pada kamera digital mirip dengan film pada kamera konvensional. Perbedaannya :
a.) dapat dihapus dan digunakan kembali,
b.) bersifat removable atau dapat dipasang dan dilepas kembali pada kamera,
c.) dapat ditransfer langsung dari media data ke komputer tanpa menggunakan kamera digital.

Nahh,itu komponen-komponen yang terdapat pada kamera digital.

~Terima Kasih~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Jaringan Broadcast Dan Jaringan Point-to-Point?

Belajar

Masa SMP Masa Paling Indah